PROGRAM TAHUNAN (PROTA) TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS X BAHASA INDONESIA


MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X
TAHUN 2019/2020

Semester Kompetensi Dasar Jumlah Jam
1 3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. 4
4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. 4
3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi 4
4.2. Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun tulis. 4
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 4
4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. 4
3.4. Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi. 4
4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. 4
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. 4
4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis 4
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. 4
4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis 4
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. 2
4.7. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. 2
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 2
4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 4
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 2
4.9. Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. 4
JUMLAH 64
2 3.10 Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. 2
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. 4
3.11 Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi. 4
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan. 4
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. 2
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. 4
3.13 Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan). 2
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.  4
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi 2
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis. 4
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. 2
4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis 4
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. 2
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) 4
3.17 Menganalisis  unsur pembangun puisi. 2
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) 4
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. 2
4.18 Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. 4
JUMLAH 56
                                                                                                   Boyolali, 29 Mei 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                         Guru Bahasa Indonesia,
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M.                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.                    
NIP 197009261997021002                                                     NIP  197207081998011001 

UNDUH FILE PROTA KELAS X KLIK https://drive.google.com/open?id=1XLXNhssaRWTaSdty8s84Ayz0Igms2b06
Baca dan unduh

1. Prota Kelas X Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020


2. Prota Kelas XI Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020


3. Prota Kelas XII Bahasa Indonesia SMA Tahun Pelajaran 2019/2020



Dasar Penyusunan Kaldik Tahun Pelajaran 2019/2020 Klik https://soalsiaptes.blogspot.com/search?q=program-tahunan-prota-tahun-pelajaran



Sila Bapak/Ibu baca dan unduh contoh program semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2019/2020 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas X, XI, dan XII 


1. Program Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 kelas X



2. Program Semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 kelas X


3. Program Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 kelas XI


4. Program Semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 kelas XI


5. Program Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 kelas XII


6. Program Semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 kelas XII



Baca dan Unduh Contoh Silabus Pengembangan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020







Sumber https://zuhriindonesia.blogspot.com/

0 Response to "PROGRAM TAHUNAN (PROTA) TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS X BAHASA INDONESIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel