| | | | | | | | |
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X | | | | | | | | |
TAHUN 2019/2020 | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
Semester | Kompetensi Dasar | Jumlah Jam | | | | | | | | |
1 | 3.1. | Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. | 4 | | | | | | | | |
4.1. | Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. | 4 | | | | | | | | |
3.2. | Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi | 4 | | | | | | | | |
4.2. | Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun tulis. | 4 | | | | | | | | |
3.3. | Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | 4 | | | | | | | | |
4.3. | Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. | 4 | | | | | | | | |
3.4. | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. | 4 | | | | | | | | |
4.4. | Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. | 4 | | | | | | | | |
3.5. | Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. | 4 | | | | | | | | |
4.5. | Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis | 4 | | | | | | | | |
3.6. | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. | 4 | | | | | | | | |
4.6. | Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis | 4 | | | | | | | | |
3.7. | Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. | 2 | | | | | | | | |
4.7. | Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. | 2 | | | | | | | | |
3.8. | Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. | 2 | | | | | | | | |
4.8. | Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. | 4 | | | | | | | | |
3.9. | Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. | 2 | | | | | | | | |
4.9. | Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. | 4 | | | | | | | | |
JUMLAH | 64 | | | | | | | | |
2 | 3.10 | Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. | 2 | | | | | | | | |
4.10 | Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. | 4 | | | | | | | | |
3.11 | Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. | 4 | | | | | | | | |
4.11 | Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. | 4 | | | | | | | | |
3.12 | Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. | 2 | | | | | | | | |
4.12 | Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. | 4 | | | | | | | | |
3.13 | Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). | 2 | | | | | | | | |
4.13 | Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. | 4 | | | | | | | | |
3.14 | Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi | 2 | | | | | | | | |
4.14 | Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. | 4 | | | | | | | | |
3.15 | Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. | 2 | | | | | | | | |
4.15 | Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis | 4 | | | | | | | | |
3.16 | Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. | 2 | | | | | | | | |
4.16 | Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) | 4 | | | | | | | | |
3.17 | Menganalisis unsur pembangun puisi. | 2 | | | | | | | | |
4.17 | Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) | 4 | | | | | | | | |
3.18 | Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. | 2 | | | | | | | | |
4.18 | Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. | 4 | | | | | | | | |
JUMLAH | 56 | | | | | | | | |
Boyolali, 29 Mei 2019 | | | | | | | | | |
Mengetahui | | | | | | | | | | |
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. | | | | | | | | |
NIP 197009261997021002 NIP 197207081998011001 | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | |
0 Response to "PROGRAM TAHUNAN (PROTA) TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KELAS X BAHASA INDONESIA"
Post a Comment